10 Tempat Wisata di Berlin Menarik dan Gratis Yang Wajib Kalian Kunjungi!

Siapa bilang wisata ke Eropa itu musti mahal? Wisataku ke Berlin, Jerman kali ini amat sangat low budget lho guys alias murah meriah!. Buat kalian yang berencana untuk wisata ke Berlin baca terus artikelku, siapa tahu bisa buat referensi.??

Berlin dinobatkan sebagai ibu kota Federal Jerman yang bersatu dan sudah menjadi kota yang terkenal di dunia sejak 1918 (Akhir PD I).

Tak hanya terkenal sebagai pusat teknologi dan industri, Berlin juga terkenal sebagai pusat transformasi budaya dan pariwisata. Kegiatan pariwisata di Berlin saat ini bisa dikatakan cukup populer. Banyak wisatawan dari mancanegara yang berkunjung.

Wisata di ibu kota Jerman ini tentu nggak cukup waktu sehari (kayak aku).? Planning tripnya sehari tapi jadi berhari-hari. Tempat-tempat menarik berikut wajib kalian kunjungi sebelum beranjak ke kota lain di Jerman tanpa perlu biaya mahal.  

Berikut adalah 10 tempat wisata populernya?

1. BERLIN WALL

Lokasi: Bernauer Str. 111-119, 13355 Berlin.

Di Indonesia terkenal dengan Tembok Berlin. Merupakan suatu bangunan tembok pembatas yang terbuat dari beton dan dibangun oleh Republik Demokratik Jerman yang memisahkan Berlin Barat dan Berlin Timur.

Bangunan tembok berlin mempunyai tinggi 3.6 meter dan runtuh pada tanggal 9 November 1989 disebabkan karena Demolition. Dengan runtuhnya tembok ini menandakan bersatunya Jerman Barat dan Jerman Timur.

Info Box

Demolition

Perusakan atau pembongkaran sebuah bangunan secara massal.

Sekarang bekas tembok perbatasan itu telah menjelma menjadi area sibuk bagi commuter line, klub malam, resto dan toko-toko.

2. PARISER PLATZ

Lokasi: 10117 Berlin, Jerman.

Merupakan tanah lapang atau alun-alun di pusat kota Berlin. Posisinya tepat di belakang Gerbang Brandenburg di ujung Unter den Linden. Nama Pariser dikutip dari ibu kota Perancis yaitu Paris, untuk memperingati kemenangan sekutu anti-Napoleon di pertempuran Paris.

suasana pariser platz saat musim salju winter
Suasana saat winter

Para pengunjung atau pejalan kaki biasanya menyempatkan berswafoto karena lokasinya strategis dengan bangunan-bangunan bersejarah di sekitar jalan dan alun-alun ini.

info Box

Commuter Line

disebut juga KRL, Kereta Rel Listrik adalah merupakan kereta rel yang bergerak dengan sistem propulsi motor listrik.
 Di Indonesia, kereta rel listrik terutama ditemukan di kawasan Jabotabek.

3. BRANDENBURG TOR

Lokasi: Pariser Platz, 10117 Berlin, Jerman.

Gerbang ini menjadi salah satu objek utama yang wajib kalian singgahi saat jalan-jalan ke Berlin.

Merupakan icon persatuan dan perdamaian Eropa atau simbol sejarah dari kota ini. Gerbang ini terletak di persimpangan jalan Unter den Linden dan Ebertstraße.

perempuan dengan t-shirt hitam berlatar belakang gerbang brandenburg
Gaya narsis abis

Gerbang Brandenburg ini terdiri dari dua belas kolom Doric, dengan enam di setiap sisi sehingga membentuk lima pintu masuk menuju jalan raya.

Konstruksi gerbang ini didesain oleh seorang arsitek Carl Gotthatd Langhans. Pembangunan gerbang ini dimulai pada tahun 1788 dan selesai pada tahun 1971.

4. FERNSEHTURM BERLIN

Lokasi: Panoramastraße 1A, 10178 Berlin, Jerman.

Fernsehturm adalah menara televisi dengan ketinggian mencapai 365 meter dan bertambah tinggi 2 meter setelah dipasangi antena.

fernsehturm berlin adalah menara televisi dengan tinggi

Dengan tinggi tersebut membuat Fernsehturm sebagai menara tertinggi nomor empat di Eropa. Setelah Menara Ostankino di Moskwa di Moskow Rusia, Menara Televisi di Kiev, dan Menara Televisi Riga di Latvia.

Walter Ulbricht, pemimpin Jerman Timur pada masa itu mengatakan Menara Televisi Berlin adalah simbol superioritas kaum sosialis dan simbol masa depan.

5. HOLOCAUST MEMORIAL

Lokasi: Cora-Berliner-Straße 1, 10117 Berlin, Jerman.

Adalah monumen kuburan massal seperti labirin. Letaknya tidak jauh dari gerbang Brandenburg.

Merupakan sebuah memorial di Berlin untuk mengenang terjadinya peristiwa Holocaust yaitu peristiwa pembunuhan orang-orang yahudi Eropa pada masa pemerintahan Adolf Hitlers.

DENKMAL FÜR DIE ERMORDETEN JUDEN EUROPAS ini dibuka pada tahun 2005 dan didesain oleh arsitek New York yang bernama Peter Eisenman.

Situs ini mempunyai luas 19.000 m² dan arsitek menempatkan beton dengan ketinggian yang berbeda sehingga memberikan kesan yang sangat menarik seperti labirin.

6. POSDAMER PLATZ

Lokasi: Potsdamer Platz, 10785 Berlin, Jerman.

Potsdamer Platz adalah sebuah persimpangan jalan yang super sibuk, bisa dibilang jantung kotanya Berlin. Terletak sekitar satu kilometer di selatan Gerbang Brandenburg dan Reichstag.

peempuan berlatar belakang

Tempat ini dulunya adalah tanah kosong yang dilewati oleh tembok pembatas. Tapi sekarang sudah berubah menjadi pusat perbelanjaan, kafe, resto dan cinema dengan gedung-gedung bertingkat pencakar langit.

7. REICHSTAG

Lokasi: Platz der Republik 1, 11011 Berlin, Jerman.

Gedung Reichstag merupakan bangunan yang didirikan sebagai tempat parlemen kekaisaran Jerman yang akan melakukan sidang.

Gedung ini dibuka pada tahun 1893 sampai dengan sekarang.

gedung parlemen berlin reichstag
Gedung parlemen Jerman

Teras dari atap dan kubah gedung ini dapat dikunjungi oleh masyarakat umum dan menawarkan pemandangan kota Berlin yang sangat menakjubkan dari ketinggian.

Gedung ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 12 malam. (note: waktu masuk terakhir pukul 10 malam). Meskipun tidak dipungut biaya, Aku disarankan untuk melakukan reservasi sebelum berkunjung.

8. BERLINER DOM

Lokasi: Am Lustgarten, 10178 Berlin, Jerman.

Sering dikenal sebagai Katedral Berlin. Merupakan nama pendek untuk Gereja Paroki Agung yang terletak di kota ini.

Bangunan ini mempunyai tinggi 98 meter dan dibangun dari tahun 1894 hingga 1905. Katedral megah ini tidak hanya sebuah gereja protestan tapi juga sebuah museum.

Dari atas kubahnya kalian bisa melihat pemandangan kota. Selain itu banyak pengunjung yang duduk bersantai di depan halaman katedral ini.

9. EAST SIDE GALLERY

Lokasi: Mühlenstraße 3-100, 10243 Berlin, Jerman.

Sebuah galeri terbuka sepanjang 1.316 m berupa grafiti konservatif yang menutupi sisa-sisa tembok Berlin. Galery sebanyak 105 grafiti ini dibuat oleh 118 seniman dari seluruh dunia.

East Side Gallery, Berlin – Gambar dikutip dari Wikipedia

Sejak resmi dibuka pada 28 September 1990, galeri ini terbentang sepanjang 1,3 km dari Ostbahnhof dan Warschauer Straße ini menjadi salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi.

Info Box

Tema Grafity

Lukisan-lukisan grafiti di East Side Gallery mendokumentasikan waktu perubahan dan mengungkapkan euforia dan harapan besar untuk masa depan yang lebih baik dan lebih bebas bagi semua orang di dunia.

10. BERLIN FLEAMARKET

Bepergian tanpa belanja rasanya kurang lengkap, apalagi wanita ya ngga?. Tidak peduli di emperan atau di mall, barang bekas atau baru, kalau sudah pengen dan sreg gas poll?(kayak aku).

Fleamarket Mauerpark ini adalah flea market tertua atau pertama di ibu kota Jerman ini. Lokasi: Bernauer Str. 63-64, 13355 Berlin.

Sebenarnya kota ini punya flea market yang tersebar di setiap distriknya. Uniknya setiap flea market disini menjual barang-barang dengan jenis tersediri. Kalian bisa mengunjungi Marheinekeplatz, Maybach Ufer, atau Arkonaplatz, Boxhagener Platz, Leopoldplatz dan masih banyak lainnya.

Saking banyaknya fleamarket yang ada untuk berbelanja, Berlin dijuluki sebagai Capital of Flea Market atau Ibu Kota Pasar Loak. Pasar-pasar tersebut cocok entah untuk sekadar jalan-jalan window shopping atau memang mencari barang-barang berkualitas dan kuno dengan harga murah.

Info Box

Flea Market

Di sebut juga Pasar loak adalah jenis pasar yang berisi lapak orang yang ingin menjual / barter berbagai barang kuno atau bekas pakai. Barang-barang bekas yang dijual mulai dari berkualitas rendah sampai berkualitas tinggi dengan potongan harga.

Itulah beberapa tempat wisata menarik di Berlin yang gratis alias kalian nggak perlu merogoh kantong untuk membayar tiket masuk. Di listku sih masih banyak tempat-tempat asyik gratis yang bisa kalian nikmati selama di Berlin.

Transportasi Murah Selama Trip di Berlin

Cara terbaik untuk berkeliling Berlin adalah melalui kereta bawah tanah U-Bahn atau kereta layang regional S-Bahn, keduanya merupakan bagian dari sistem transportasi umum BVG kota yang luas.

Info Box

BVG

B erliner V erkehrs-Aktien g esellschaft merupakan Perusahaan Transportasi Utama di Berlin yang mengelola jalur kereta bawah tanah U-Bahn, trem, bus, layanan penggantian ( Ersatzverkehr , EV) dan jaringan feri, tetapi tidak dengan sistem kereta kota S-Bahn .

Day Pass

Saat Kalian jalan-jalan keliling kota Berlin, akan lebih hemat jika kalian membeli Day Pass Transport. Day pass ini berfungsi untuk segala jenis transportasi umum tanpa batasan jarak dalam satu hari. Dengan harga per harinya € 7,70 = Rp 129.000 kalian bisa bebas kemana saja naik apa saja tanpa pusing uang cash.

Berlin Welcome Card

Dan jangan lupa juga beli Berlin Welcome Card karena Kalian bisa menghemat cost antara 25 dan 50% di sekitar 200 tempat wisata menarik. Bahkan terkadang plus dengan penawaran menarik lainnya.

Kalian tidak hanya menghemat uang, tetapi juga waktu yang berharga jika kalian menggunakan BWC di tempat wisata yang memungkinkan Kalian menikmati pelayanan prioritas dan melewati antrian.?

Berlin Street Food

Siapa yang nggk suka ngemil saat jalan-jalan? Liburan ke luar kota atau bahkan luar negeri musti wajib nyicipin yang namanya kuniner khasnya.

Nah street food di Berlin ini atau bahasa kita makanan atau jajanan pinggir jalan sangat special enaknya dan murah meriah. Kalian dapat menemukan stand kiosnya disetiap sudut kota.

Apa aja sih ?

Bratwust

Kalian mungkin berpikir tentang hotdog. Bukan Guys memang sama bahannya sosis. Tapi Sosis Jerman ini digoreng atau di bakar yang disajikan bersama rotkohl(potongan sayur kubis) dan kentang goreng ditambah saus tomat atau mayones. Ini dikenal sebagai jajanan kaki lima klasik.

Döner Kebab atau DÜRÜM

Ini adalah makanan khas timur tengah yang disesuaikan dengan lidah atau selera Jerman. Terdiri dari lapisan roti tipis atau tortilla dengan irisan daging dan salad yang lezat. Makanan on the go! Döner Kebab adalah jajanan atau panganan yang cocok disantap kapan saja.

Penganan ini melambangkan kota Berlin yang multikultural. Cukup banyak resto atau kios Döner hampir di setiap sudut kota di setiap distriknya.

Burger

a ya aku setuju ini adalah makanan favorit internasional bahkan di Indonesia ya nggak?. Tapi di BurgerMeister Kalian bisa menikmati burger klasik khas Berlin.

Curry Wurst

Alles hat ein ende, aber Wurst hat zwei” (Semuanya memiliki akhiran, tetapi sosis memiliki dua) itu adalah slogan atau pepatah orang Jerman kuno. Kalian bisa menemukannya di resto atau stand-stand makanan di pinggir jalan .

Makanan pinggir jalan yang ikonik ini terdiri dari bratwurst (sosis) yang telah digoreng dengan manis dan disajikan dengan kulit (mit Darm) atau tanpa (ohne Darm) sesuai selera.

Kemudian dioleskan dengan saus kari dan diakhiri dengan taburan bubuk kari. Wurst ini biasanya dipasangkan dengan kentang goreng (pommes) atau roti gulung untuk menyeduh saus.

So gimana guys, Sudah komplit belum infonya?

Ayo atur jadwal liburanmu sekarang dan temukan penerbangan termurah ke Berlin  dengan Skyscanner atau momondo!. Cari dan pesan secara gratis di ratusan maskapai dan ribuan tujuan di seluruh dunia. Salam Trip dan Stay Safe.?


1 komentar untuk “10 Tempat Wisata di Berlin Menarik dan Gratis Yang Wajib Kalian Kunjungi!”

  1. Pingback: 10 Tempat Wisata Di Berlin Menarik & Gratis Yang Wajib Kalian Kunjungi – Blogger Perempuan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *