Wisata ke Kopenhagen | Panduan Trip Terlengkap 2020

wanita berkebaya berpose di tengah gedung city hall kopenhagen

Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu kota di negara skandinavia ini, Kopenhagen. Kopenhagen selalu membuatku terpesona. Ini adalah kota pertama di Eropa yang aku kunjungi. Seluruh kota merupakan campuran pengaruh budaya klasik dan modern. Dari pesona pedesaan Nordic, arsitektur yang memukau hingga cuacanya yang selalu berubah khas Eropa. Trip pertamaku ke Kopenhagen, penuh dengan kejutan, meskipun singkat cukup membuatku jatuh cinta dengan kota yang luar biasa ini. Dalam beberapa tahun terakhir selama kunjunganku, Akhirnya aku bertekad untuk kembali wisata ke kota ini.

perempuan dan sepeda di salah satu sudut kota kopenhagen
Salah satu sudut kota Kopenhagen

Hal yang perlu kalian tahu sebelum wisata atau travel ke Kopenhagen.

Nama kota ini berasal dari kata Købmandshavn dalam bahasa Denmark, yang artinya pelabuhan  pedagang. Merupakan pemukiman nelayan Viking pada abad ke-10.

Sedangkan nama Kopenhagen berasal dari bahasa Jerman. Dan dalam bahasa inggris kita kenal Copenhagen. Sebutan untuk penduduk asli Denmark adalah Danes.

 perahu viking berlayar diatas laut benua eropa
Ilustrasi perahu viking abad10

Merupakan ibu kota dan kota terbesar dari 45 kota yang ada di negara Denmark. Meskipun Denmark adalah negara nordik terkecil yang terletak di benua Eropa bagian utara.

Merupakan kota munisipalitas terbesar dengan perpaduan kawasan urban dan metropolis yang padat.
Dengan populasi 2,057,142 (menurut data sensus penduduk per 1 Januari 2020).

Kopenhagen berperan sebagai pusat pemerintahan, politik, ekonomi, budaya dan pusat pariwisata di Denmark.
Sejak akhir 1990-an, kota ini bertransformasi dari ibu kota biasa menjadi kota metropolitan internasional sekelas Barcelona dan Amsterdam.

Kopenhagen adalah kota mahal, dua kali lipat harga rupiah di Indonesia. Mata uang yang digunakan adalah Krona Denmark.
1 krone Denmark (dkk) setara dengan 2.135,40 Indonesia rupiah (idr) (menurut data currency 20 Juni 2020). So Guys cek kurs dulu dan mulai siapkan budget sebelum wisata ke ibu kota Denmark ya😉.

Kota Kopenhagen adalah refleksi atau gambaran dari negara Denmark sendiri. Terkenal sebagai negara anti korupsi, negara mahal, negara terhijau, negara teraman, negara terbahagia dan negara ramah sepeda. Nah buat kalian pecinta fun bike disini tempatnya.

Kopenhagen terletak di pesisir timur pulau Sjælland di tepi sungai Sont. Kopenhagen secara geografis terletak di belahan bumi utara.

kopenhagen peta munisipalitas
Peta Kota Kopenhagen

Merupakan bagian dari kawasan bertekanan rendah di Atlantik sehingga Cuacanya tidak stabil sepanjang tahun. Kota yang memiliki karakteristik unik dengan 4 musim yang dimilikinya.

Mengapa harus wisata ke Kopenhagen?

Simple, cantik dan ramah, ibu kota Denmark yang ramai ini adalah kota terbesar di Skandinavia dan dimahkotai oleh dermaga Nyhavn yang cantik, kanal yang panjang dihiasi dengan townhouse atau rumah-rumah kayu berwarna warni cerah, bar dan kafe sepanjang pinggiran kanal semakin menambah suasana hidup dan menarik di jantung kota Kopenhagen. Kota dipenuhi dengan jalan-jalan berbatu, bangunan bergaya klasik, retro dan Rococo. Taman hiburan tertua Tivoli Gardens dan patung Little Mermaid yang melegenda. Kastil serta istana yang megah nan indah juga taman- taman yang tertata cantik. Danau dan kanal yang mengelilingi hampir seluruh kota.

Saat ini Kopenhagen merupakan salah satu destinasi top di dunia.  Banyak atraksi yang menarik yang ditawarkan sesuai minat para turis.

Dunia seni Kopenhagen menarik seniman-seniman terkenal di dunia dari seluruh dunia. Kopenhagen kota terbesar di Skandinavia untuk menikmati seni desain. Tidak mengherankan jika banyak terdapat Museum di kota ini.

bersepeda ria di jalan kopenhagen
Bersepeda ria

Bagi kalian pecinta roda dua, kota ini adalah tempatnya. Kopenhagen terkenal sebagai sangat ramah bagi pemakai sepeda. Sebagian besar para danes menggunakan alat transportasi tanpa mesin ini. Banyak sepeda yang terparkir di pinggir-pinggir jalan, terikat pada tiang ataupun pohon. Bagi penyuka Fotografi, objek ini sangat menarik untuk menjadi sasaran foto dari berbagai sisi.

Traveling ke ibu kota Denmark ini kurang afdal jika tidak mencicipi kuliner khas lokal yang nikmat dan juga street food khas berbagai negara yang lezat. Tempat hiburan dan klub malamnya juga merupakan objek wisata yang signifikan, So jangan sampai terlewatkan.

Hal menarik yang bisa dilakukan saat Liburan di Kopenhagen

Banyak atraksi fenomenal yang bisa kalian lakukan dan tempat wisata menarik nan cantik yang bisa kalian nikmati selama liburan di kota ini. Aktivitas di dalam maupun diluar ruangan yang menarik akan membuat kalian semangat meng-explore Kopenhagen.

Dari tempat Top selfie spot, Tempat hangout favorit Danes, Taman-taman cantik, The royal kopenhagen, Taman bermain, Olahraga air dan menyusuri kanal serta Museum bersejarah,Tempat shopping dan Fleamarket ngetop, Tempat kuliner top dan masih banyak lagi. 

Menikmati Budaya dan kehidupan kontemporer warga Danes dan juga keluarga istana. Dengan tur keliling kota kopenhagen dan sekitarnya baik dengan Bus & Boat Hop On Hop Off, walking tour atau bersepeda ria. Semua dijamin menyenangkan.

wisata diatas perahu boat terbuka

Menikmati indahnya warna-warni rumah gaya klasik Denmark di Nyhavn dengan menyusuri kanal yang mengeliling separuh pusat kota. Kalian bisa juga melihat dari dekat perpustakaan terbesar dan modern Black Diamond Library. Menikmati taman juga tempat pertunjukan dan permainan tertua di Denmark Tivoli Gardens dan Bakken.

black huge building in front of water
Gedung Black Diamond

The royal of  Kopenhagen, Kastil yang megah Rosenborg CastleAmalienborg palace, The king’s garden, The Hermitage Hunting Lodge, Kronborg castle. Istana yang indah Frederiksberg Slot, dan Christiansborg palace jangan lupa naik di atas towernya yang merupakan menara tertinggi di kopenhagen 106 meter.

Wisata rohani ke Our Saviour’s Church, Grundtvig Church, Frederik’s Church dan mengagumi keindahan arsitektur interior Gereja.

Patung legenda di tepi pantai The Little Mermaid, Rundetårn (The round tower) Faelledparken, superkilen park, Botanical garden, Orsteds park,The king’s garden, Memorial park, Kastellet desain taman yang berbentuk bintang yang unik.

Churchill parken, Amager Strandpark, Frederiksberg garden, Jägersborg Dyrehave, Glyptoteket, Søndermarken Park, Landbohojskolens Have, dan Assistens cemetery adalah pemakaman yang juga taman yang didesain indah untuk umum bersantai. dan juga kebun binatangnya yang luas, Copenhagen Zoo.

Museum- museum yang megah dan penuh sejarah serta sains. Danish Architecture Center (DAC) menunjukkan pameran yang berfokus pada pengembangan kota dan keajaiban arsitektur. The National Museum of Denmark, Museum  Ny Carlsberg Glyptotek di jantung Kopenhagen.

Wisata kuliner di Kopenhagen karena banyak jenis makanan dari berbagai bangsa, dan masing masing memiliki rasa yang nikmat. Shakedown burger & shake (American resto), Savana resto (Italian & Prancis), Beyzade (Turkish), Shawarma( Lebanon), Kebabish (Indian), Yousef’s spisested (Timur tengah) Ramen to biru dan Mr ramen (Jepang). Atau ke Torvehallerne fresh food market, kalian bisa menikmati berbagai jenis makanan khas danish seperti “Hot Dog” dan “Smorrebrod”. Dan terakhir Stroeget adalah tempat shopping terpanjang di Skandinavian merupakan tempat yang tepat untuk berbelanja suvenir.

Berapa hari sebaiknya travel ke Kopenhagen?

Trip singkat ke Kopenhagen cukup nggak sih? Jawabannya nggak cukup. Tapi  jangan kuatir kalian masih bisa mengexplore kota scandinavia terbesar ini dalam 1 hari sekalipun. (baca juga artikel: Short trip di Kopenhagen & Cara asyik menghabiskan weekend di Kota legenda Little Mermaid).  

Menurut pengalaman dan juga banyak review yang aku baca hanya dalam 3 hari, Kalian dapat menjelajahi tempat terbaik dari Kopenhagen. Tentu saja jika kalian memiliki lebih banyak waktu, Aku merekomendasikan 1 minggu untuk liburan di kota terbesar Denmark ini.

Ini Itinerary untuk 3 hari trip di kota legenda Little Mermaid saat summer. Perjalanan in lebih fokus pada atraksi, kuliner populer dan terbaik di Kopenhagen ya Guys.

Hari ke 1
Tiba di Bandara Kastrup Kopenhagen sudah jam 6 sore waktu itu. Karena aku hanya membawa tas ransel jadi aku putuskan untuk langsung melakukan sort trip karena matahari masih tinggi. Dengan kereta M2, 14 menit sampai di Central stasiun. Dari sana aku lanjut menuju ke Tivoli garden karena lokasinya hanya sebrang jalan (jam buka dari 11am-11pm) jadi aku ambil kesempatan untuk menghemat transport dan waktu guys😉. Setelah puas keliling dan berfoto ria, aku lanjut naik kereta M3 ke Norrebro station menuju rumah teman dan juga hostku selama liburan di kota nordik ini.

Kami lanjut makan malam di restoran pizza terkenal di daerah Norrebro, Tribeca – Beer & pizza lab. Disini kalian bisa memesan pizza dengan porsi besar lho.

Makan malam di Tribeca house

Hari ke 2
Pagi yang cerah aku menggunakan sepeda untuk turku kali ini. Menuju ke pusat kota melewati The Lakes, 3 danau kembar di tengah kota. Tur pertamaku adalah The King’s Garden dan Rosenborg Slot sebuah taman cantik yang luas dan kastil yang megah. Setelah puas keliling menikmati kemegahan kastil dan berselfie just head across the street ke Botanical Garden. Lanjut kesebelahnya terdapat beberapa museum besar dan terkenal Museum Naturhistoriske statens, Statens Museum for Kunst (SMK) dan Geologisk Museum.

Setelah puas keliing menikmati galery di dalam museum, waktunya makan mengisi energi. Bersepeda ke TorvehallerneKBH sebuah food corner seperti pasar dengan lebih dari 60 stand makanan yang menjual apa saja. Setelah kenyang sambil bersantai sejenak di taman sebrang jalan Orsted park dan Israels plads. Waktunya melanjutkan perjalanan funbike keliling kota. Tujuanku ke The Round Tower (Rundetaarn) lanjut ke Amalienborg, Frederik’s Church, Kastellet dan terakhir ke Langelinie tempat patung yang ikonik The Little Mermaid. Waktunya kembali ke habitat asal😅, bersepada kembali ke Norrebro area kami stop di mexican restoran La Neta untuk early dinner lalu menikmati sunset yang tenang di taman pemakaman tokoh-tokoh terkenal Denmark Assistens Kirkegard.

Hari ke 3
Ini hari terakhir karena harus melanjutkan tripku selanjutnya ke kota Berlin. Tujuan tur singkatku kali ini adalah Nyhavn salah satu ikon Kopenhagen, dan Stronget shopping area dengan jalan pedestrian terpanjang di eropa.

perempuan selfie di christiania freetown
Seflie di garis batas Freetown Chritiania

Lalu lanjut bersepeda 8 menit ke Freetown Christiania, tempat ini menjadi top list travel di kota ini. The autonomous zone, Komune yang dibebaskan dari penegakan hukum dimana peredaran dan pemakaian ganja berjalan liar. Not allowed take any photos ini aturan keras dan jangan sesekali melanggar.

Lanjut kembali ke habitat dengan jalur yang berbeda melewati dan mampir ke Frederiksberg, yang terdapat Istana dan kebun binatangnya Copenhagen zoo. Setelah puas keliling saatnya kembali ke flat. Sebelum menuju ke Metro stasiun, aku sempatkan mampir dan pesan take away shawarna semacam kebab yang juga populer di kota ini meskipun bukan makanan asli Denmark. Kosk Kebab salah satu kios yang populer dan selalu ramai pembeli.

copenhagen card - kartu sakti selama travelling di kopenhagen

Tips

1. Jika kalian tidak ingin bersepeda atau berjalan kaki, Bus & Boat Hop On Hop Off adalah pilihan yang tepat menikmati atraksi dan keliling kota dalam waktu yang singkat.

2. Jika kalian berencana traveling singkat atau transit, mungkin Copenhagen Card tidak cocok buat kalian.

baca artikel: Memanfaatkan waktu saat transit di Kopenhagen

Waktu terbaik trip ke salah satu kota skandinavia

Sulit untuk menentukan kapan waktu terbaik untuk liburan dan traveling ke Kopenhagen. Karena kota skandinavia ini menyenangkan untuk dikunjungi sepanjang tahun.

*Akhir musim semi dan awal musim panas

Bunga musim semi”Crocus”

Musim semi yang cerah sedikit berangin dengan mulai mekarnya berbagai jenis bunga  adalah  musim yang dinantikan oleh warga Danes. Dimulai dari bulan Maret- Mei. Turis masih tidak terlalu ramai dan tarif penerbangan dan akomodasi yang juga lebih rendah.

Musim panas dari Juni hingga September dipenuhi dengan berbagai acara (event) seperti parade gay (pride) dan juga festival musik populer di Denmark, seperti Roskilde dan Strøm. Sepanjang bulan ini kalian memiliki peluang baik untuk mendapatkan sinar matahari dan cuaca hangat. Sedangkan bulan terhangat adalah Juli dan Agustus.

perempuan berkaos hitam tertawa  di taman bunga mawar
“Rose” bunga musim panas

Banyak penduduk lokal dan turis yang beramai-ramai menuju ke pantai kota untuk berenang di laut, sepanjang kanal atau sekedar piknik dan berjemur  di taman – taman terbuka. 

*Musim sepi atau low season.

Wisata ke Kopenhagen saat  Low Season juga waktu yang tepat. Low season adalah di musim sepi yaitu pada bulan November hingga April. Dan Musim sepi  masuk pada musim dingin di Eropa yaitu winter dan spring. Musim dingin biasanya masuk  musim gugur hingga musim semi.

Di Kopenhagen ditandai dengan awan hitam tebal, angin dingin kencang yang menusuk tulang, hujan tipis  sampai  turun salju.

Tapi  kembali tergantung pada tujuan trip kalian ya guys.  Pada musim ini kalian juga masih bisa menikmati indahnya pemandangan kota Kopenhagen meski berwarna putih abu-abu.

jangkar besi di tengah jalan nyhavn
Monumen Jangkar besi di Nyhavn saat low season

Apakah mungkin traveling saat musim dingin dan bersalju?

Mengapa tidak? Bukan ide yang buruk merencanakan traveling ke Kopenhagen di musim ini. Tentunya selain pemandangan dan suasananya yang berbeda, Style pakaian yang mesti kita kenakan juga berbeda dengan style saat liburan musim panas.

Pakaian super hangat dan tebal dari ujung kaki hingga ujung kepala sangat direkomendasikan di musim ini. Jika Kalian menginginkan peluang untuk melihat salju, coba berlibur di bulan Desember atau Januari. Selain itu kalian bisa menikmati kemeriahan perayaan Natal di Kota ini.

Tips

1. Kalian harus menambah budget jika ingin liburan di musim ini. karena harga secangkir kopi mulia sedikit bertambah mahal dari harga dimusim panas. Sekitar 41.54 Danish krone = Rp.88.958,81 di resto atau cafe-cafe.

2. Bawa thermos kecil dan buat kopi atau teh sendiri.

*BagaimanaTemperatur, Curah hujan dan Salju di Kopenhagen?

Temperatur suhu dari bulan November sampai dengan April rata-rata berkisar antara 32°F (0°C)-43°F (6°C) ini sudah memasuki musim dingin yaitu Winter dan Spring. Dan Januari adalah bulan terdingin dengan suhu -1,7°C-2,5°C.

Sedangkan temperatur pada bulan Mei hingga Oktober rata-rata berkisar 50°F (10°C)-(63°F (17°C) atau kadang tak terduga hingga 20-23°C. Dan ini masuk musim panas di Kopenhagen. Dengan suhu rata-rata tinggi 21.2 ° C (70.2 ° F) dan suhu rendah rata-rata 12.9 ° C (55.2 ° F), Juli adalah bulan terhangat di Kopenhagen, Denmark.

Jumlah sinar matahari sangat berbeda di musim panas dan musim dingin. Di musim panas, matahari bersinar mulai jam 04:26 dan terbenam jam 21:58, 17 jam 32 menit. Di musim dingin, matahari baru mulai bersinar pukul 08:37 dan terbenam jam 15:39, hanya 7 jam 2 menit.

Kapan dan berapa hari turun salju di Kopenhagen? Bulan-bulan dengan salju turun di Kopenhagen adalah Januari hingga April, Oktober hingga Desember. Salju turun sepanjang tahun ada 21,5 hari. Sedangkan bulan dengan hari hujan salju terbanyak di Kopenhagen, Denmark, adalah Januari ketika salju turun selama 5,9 hari.

Curah hujannya cukup deras meski hanya gerimis 30 menit cukup membuat seluruh kota basah. Seberapa sering hujan di kota ini? Sepanjang tahun, di Kopenhagen, Denmark, ada 157,4 hari hujan, dengan curah hujan 522,6 mm (20,6 “) presipitasi yang terakumulasi. Bulan dengan curah hujan terendah di Kopenhagen adalah Februari saat hujan turun selama 11,4 hari dan biasanya mengumpulkan 22,7mm (0,9 “).

Jalan-jalan mengeksplorasi wilayah sekitar Kopenhagen yang terkenal

Sejak reformasi tahun 2006–2008. Munisipalitas Kopenhagen terbagi menjadi 10 district (bydele) yang menarik. Indre By, Østerbro, Nørrebro, Vesterbro/Kongens Enghave, Valby, Vanløse, Brønshøj-Husum, Bispebjerg, Amager Øst, Amager Vest.

Meskipun terbagi menjadi beberapa wilayah yang sangat berbeda namun sama-sama menyenangkan dan tidak kalah menarik dari munisipilitas pusat. Masing-masing dengan suasana, penampilan dan karakteristik yang berbeda. Dari daerah perairan dan tepi pantai, daerah pusat shopping,  kuliner dan pusat hiburan hingga daerah industri. 

Neighbourhoods Kopenhagen yang terkenal adalah  Indre By, Østerbro, Nørrebro, Vesterbro/Kongens Enghave, Frederiksstaden, Islands Brygge,, Amagerbro.

Frederiksberg; terletak sebelah barat Nørrebro dan Indre By dan sebelah utara Vesterbro.  Terdapat Kebun binatang dengan 250 spesies binatang dari seluruh dunia. Istana Frederiksberg, juga taman Frederiksberg yang luas, Teater Betty Nansen dan Aveny-T.

Indre By ( Inner City) :Kata lainnya adalah Inti kota atau kota dalam yang merupakan pusat sejarah kota dengan banyaknya patung dan monumen, tentunya terdapat  atraksi populer juga. Amalienborg, gereja frederik dengan kubahnya yang lebar. Gedung Opera, Nyhavn, Istana charlottenburg, istana thott( sekarang kedubes Prancis),gedung teater kerajaan Denmark Dan Hotel legend 1755 D’Angleterre, Christiansborg, City hall, Rundetaarn, Museum Thorvaldsen, Stroget, Kastil Rosenborg yang menyimpan perhiasan mahkota dan permadani kerajaan Denmark.

The”Bros” adalah julukan untuk ketiga distrik  atau wilayah klasik di sekitar  pusat kota. Penuh dengan gairah kehidupan, kreativitas, dan santapan yang  lezat.

  • Wisata di Norrebro, Kopenhagen
    Terletak di sebelah barat laut pusat kota. Saat ini berkembang dari distrik kalangan pekerja menjadi kawasan kosmopolitan dan kawasan international. Sejumlah toko barang-barang antik dan vintage, pertokoan elektronik, Restoran sederhana hingga yang fancy, shopping center dan berbagai universitas ada di wilayah ini. Nørrebrogade adalah jalur utama di daerah ini dan merupakan rumah bagi segelintir toko-toko shawarma terbaik di kota ini. Start dari akhir tahun 2019 lalu dibangun jalur cincin kereta (Metro Ring) dan gedung apartemen tertinggi untuk mahasiswa. Hal ini membuat lokalitas yang terbaik buat para kawula muda.
  • Vesterbro trip
    Diklaim statusnya sebagai distrik lampu merah di Kopenhagen. Disebut juga sebagai distrik Meatpacking, ini lingkungan yang populer sama-sama keren dan otentik sambil memadukan kehidupan keluarga yang trendi  dengan kehidupan malam yang gila.  Distrik ini memiliki sesuatu yang dicari  semua orang,  awalnya rumah bagi bisnis industri daging di Kopenhagen, “Kødbyen” telah berubah menjadi cluster baru dan kreatif dengan galeri, kehidupan malam, bar, klub dan restoran dengan tren kuliner terbaru.  Istedgade adalah jalan utama kawasan Vesterbro yang memancarkan keragaman. Værnedamsvej adalah jalan perbelanjaan kecil yang sibuk, Kid-friendly tapi nyaman, dan santai.
  • Østerbro
    distrik kelas menengah-atas dengan sejumlah perumahan mewah, beberapa diantaranya sekarang menjadi kedutaan besar. Distrik ini memanjang dari Nørrebro hingga waterfront di mana patung The Little Mermaid dapat dilihat dari Langelinie park. Kastellet( Citadel), Air mancur Gefion. Faelledparken & perbelanjaan desain arsitektur denmark. Bagian kota yang elegan ini adalah lingkungan paling hijau di Kopenhagen, taman Østerbro, tepi air, dan jalan-jalan perbelanjaan sempurna untuk naik sepeda atau berjalan-jalan. Ramah keluarga, hijau, damai dan makmur. Begitulah lingkungan modis Østerbro dilabeli oleh banyak warga Dane. Sønder Boulevard telah menjadi kawasan hijau Sejak perubahan total pada tahun 2007. digunakan untuk relaksasi dan hang out oleh orang-orang dari segala usia dan semua kalangan.

Kehidupan di pinggir laut : Siapa yang tidak suka berenang apalagi Danish. Berenang, mendayung, dan menyelam atau keliling dengan peahu motor ke kanal dan laut di sekitar kota. Air membawa kualitas hidup bersamanya, dan di area ini, tepat di depan pintu apartemen..

  • Christianshavn (area pelabuhan)
    Terletak di sebelah tenggara dari Indre By. Di sepanjang kanal dengan kapal-kapal kayu bersandar santai dan deretan rumah dengan cat berwarna-warni yang menjadi salah satu atraksi di kawasan ini. Gereja sang penyelamat, Gereja Kristen bernuansa Racoco, Lalu tempat lainnya adalah Freetown Christiania. Budaya kafe yg trendi dan  Freetown Christiania(seni jalanan, live musik, & restoran Norma yang terkenal). Menjadikan Christianshavn (dan pulau Holmen) unik dan salah satu lingkungan Kopenhagen yang paling indah.
  • Amager strand
    Pantai,alam, selancar, layang layang dan konser. Ketika Laut dan alam bertemu kota! Amager adalah buktinya. Kehidupan pantai, santapan lezat, dan daya huni yang tinggi adalah tujuan East Amager. Amager Beach Park adalah tempat Kopenhagen melakukan olahraga air. Amagerbrogade untuk bersantap dan jalan-jalan yang tenang dan nyaman. Berburu Arsitektur di Ørestad. adalah tempat untuk melihat arsitektur baru dan lentur di Kopenhagen. Den Blå Planet, Akuarium Nasional Denmark. Kalvebod Fælled Vestamager.

Baca: Tahukah kalian wilayah di sekitar Kopenhagen yang paling menarik.

Apakah travel ke ibu kota Denmark mahal?

Untuk trip ke tipe city breaks Jawabannya adalah ya. Orang selalu mengatakan Kopenhagen sebagai destinasi yang mahal, dan seperti banyak negara Skandinavia lainnya, bisa jadi itu benar. Tapi seberapa mahal Kopenhagen dibanding negara tetangga Skandinavia utara, Norwegia dan Swedia? Dan City break lain seperti London? Jawabannya masih sedikit lebih murah. 

Kembali ke soal seberapa mahal Kopenhagen? Tergantung bagaimana kita pintar menyiasatinya. Kopenhagen memiliki banyak destinasi yang tidak harus merogoh kocek di kantong.

Trip di Copenhagen selama satu minggu biasanya berharga sekitar kr 8.301 untuk satu orang. Jadi, trip ke Kopenhagen untuk dua orang biayanya sekitar kr 16.603 selama satu minggu. Perjalanan selama dua minggu untuk dua orang dikenai biaya kr 33.205 di Kopenhagen.

Harga tiket masuk tempat-tempat Wisata di Kopenhagen Bergantung pada waktu (musim) saat kalian berkunjung. Kalian juga dapat menghemat uang di Kopenhagen dengan memesan tiket terlebih dahulu. Harga tiket pesawat dan akomodasi akan menjadi pengeluaran terbesar kalian.

Jadi, apakah Kopenhagen mahal untuk dikunjungi?

Ini benar-benar semua tentang persepsi dan apa yang biasa kalian lakukan di kota asal kalian. Aku sih spent lebih banyak saat di Kopenhagen dari pada akhir pekanku di Denpasar Bali dan di city break-lainnya. Karena selain harga produk-produknya juga cost untuk makan di cafe atau restauran yang dua kali lipat dari harga Rupiah.

Ketahui atraksi yang ingin kalian lihat dan kunjungi. Mungkin kartu Copenhagen adalah pilihan hemat untuk kebutuhan kalian. Jika makanan penting bagi kalian, pilih satu atau dua restoran yang  kalian benar-benar ingin kunjungi, alokasikan uang kalian untuk ini, dan hematlah sisa makanan kalian jika perlu. Jika kalian mengunjungi Kopenhagen di musim panas, manfaatkan supermarket dan toko roti untuk piknik di Kebun Raya atau taman kota untuk menghemat pengeluaran.

Ya, Kopenhagen mahal untuk dikunjungi, tetapi begitu juga di setiap kota wisata lainnya. Ketahui prioritas dan anggaran  kalian, kemudian lakukan semua sesuai budget kalian. Dengan penerbangan murah ke Denmark, akan sangat disayangkan jika kalian melewatkan kota Copenhagen yang indah karena biaya.

Harap diingat bahwa biaya travel di setiap destinasi dapat bervariasi tergantung pada persepsi dan gaya spesifik Kalian.

Tertarik mencari tahu bagaimana saya mampu melakukan perjalanan sebanyak yang saya lakukan? Baca artikel: panduan mencari penerbangan termurah online.

Karena itu, penting untuk melakukan riset sebelum mengunjungi untuk memastikan Anda memilih cara yang paling hemat biaya.

Tips

  • 1. Ketika berbicara tentang penerbangan, tip utama saya adalah selalu fleksibel, manfaatkan pencarian ‘Whole Month’ Skyscanner untuk menemukan penerbangan dengan harga terendah.
  • 2. Dengan mengikuti style warga Danish atau local bersepeda keliling kota.
  • 3. Masak dan makan dirumah juga salah satu cara mengurangi pengeluaran selama liburan. (tapi sesekali jajan “Street food” di luar bolehlah).
  • 4. Biasakan mengisi ulang dan membawa botol air minum selama jalan-jalan ya.
  • 5. Perlu diketahui juga bahwa Kopenhagen mudah diakses dengan berjalan kaki, jadi jika kalian bisa, berjalan di mana-mana, kalian akan melihat lebih banyak dan menghemat uang.
  • 6. Jangan buang Kaleng atau botol minuman (hanya yang memiliki stiker). Baik plastik atau kaca bekas bir, jus dan minuman softdrink lainnya, karena bisa ditukar dengan uang. *Jangan malu memungutnya jika kalian menemukannya di pinggir jalan. (itung-itung nambah atau hemat uang jajan).

2 komentar untuk “Wisata ke Kopenhagen | Panduan Trip Terlengkap 2020”

    1. Amien Amien Amien, klo pas ngetrip Eropa jangan lupa kabarin ya, siapa tahu bisa kopi darat dan share cerita😉. Mks atas kommentnya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *