Wisata ke Berlin 2020

boulevard of berlin at night

Berlin adalah ibu kota Republik Federal Jerman. Merupakan kota multikultural dengan destinasi atraksi yang menarik dan populer di dunia. Liburan ke Berlin yang terletak di Jerman Timur ini akan membuat kalian terkesan. Tidak hanya karena atraksi dan objek wisatanya yang unik dan menarik. Budaya dan sejarahnya yang melegenda serta gaya hidup sehari-hari para Berliners (sebutan untuk warga asli) yang eksentrik menarik untuk disimak.

Kota seni yang sarat dengan budaya dan sejarah. Berlin juga terkenal sebagai pusat kegiatan ekonomi, politik, militer, pendidikan dan sains di Jerman. Pada awal tahun 1920-an, ibu kota Jerman ini menjadi pusat transformasi budaya dan kota utama di dunia. Pada masa ini terkenal dengan sebutan Roaring twenties atau Golden Twenties. Dan saat ini terkenal sebagai salah satu kota paling high tech.

para pria merayakan roaring '20s di bar
Ilustrasi perayaan Roaring twenties di salah satu bar di Berlin pada abad-20

Di era digital saat ini untuk merencanakan tur wisata ke kota asal klub sepakbola Herta BSC ini semakin mudah. Banyak agen perjalanan yang menjual tiket penerbangan dari Indonesia ke Jerman secara online. Dengan berbagai penawaran harga yang menarik dan beragam tentunya. Hal ini membuat perjalanan ke kota ini semakin mudah dan cepat. Sudah banyak traveller tanah air yang melakukan trip ke kota ini.

Jalan-jalan keliling kota juga sangat mudah karena infrastruktur transportasinya cukup teratur dan beragam. Berlin adalah kota kosmopolitan dan kota industri kreatif yang super sibuk. Namun biaya hidupnya terbukti cukup murah dibandingkan kota-kota lain di Eropa lho.

Mengapa wisata ke Berlin?

Merupakan salah satu destinasi populer di Eropa dan Dunia. Berlibur ke kota ini akan membuat kalian ketagihan. Untuk datang lagi dan lagi (Itu aku­čśŐ). Sebelum trip pertamaku aku juga menanyakan hal yang sama.

Alasan yang membuat kota ini layak dikunjungi?

Tidak hanya populer dengan atraksinya nya yang keren. Berlin memiliki banyak hal menarik dan unik untuk diketahui dan dikunjungi. Selain itu kota ini relatif murah untuk traveling. 350 euros cukup untuk keliling kota dan menikmati makanan di fancy restaurant atau bergaya cukup modest dengan 100 euros sehari juga sudah lebih dari cukup. Bagiku kota ini tidak hanya terkesan tenang dan santai tapi juga menawarkan kenyamanan perdamaian dan kebebasan.

Sejak trip pertamaku. Aku jatuh hati dengan kota ini dan merencanakan untuk kembali mengunjungi kota ini. Jalan-jalan keliling distrik di kota ini mengingatkanku dengan suasana kota Jogja. Orang-orangnya yang baik dan ramah. Lampu kuning temaram yang bertebaran di sepanjang jalanan kota di malam hari. Musik-musik yang berasal dari kios dan cafe di sepanjang jalanan kota. Sudut-sudut kota yang tenang dengan sidewalk yang lebar, nyaman untuk berjalan kaki. Gaya hidup para Berliners yang simple dan elegan. Dan yang paling penting adalah biaya hidup di kota kosmopolitan ini sangat murah. Terlepas dari hiruk pikuknya ibu kota, kurang bersih serta kurang tertibnya beberapa tempat. Menurutku justru semakin membuat kota ini hidup dan natural. Trip ke Capital Of Germany 2020 adalah resolusiku tahun ini. (Meskipun delay karena Covid-19 melanda).

Kota tua ini adalah salah satu kota paling modern dan kosmopolitan di Eropa Barat. Hal ini membuat iri kota-kota lain di Jerman. Pengalaman liburan ke City of Sin ini benar- benar membuat gairah mudaku bergelora dan ini sungguh luar biasa. Benar-benar kota Mainstream.
Friedrichshain-Kreuzberg distrik ini adalah yang paling keren di Berlin.

Kota ini memiliki semuanya, Budaya yang menarik, Museum dan Opera kelas dunia. Orang-orangnya yang ramah, Kuliner yang nikmat dan murah, Kehidupan malam yang gila, atraksi yang menarik dan populer serta berton-ton sejarah. Menjadikannya salah satu destinasi yang populer di dunia. Itulah mengapa kota ini layak untuk di kunjungi.

Tempat wisata populer di Berlin

peta lokasi distrik penting di berlin dengan warna
Distrik-distrik populer di Ibu kota Federal Jerman

Di ibu kota ini memiliki 12 distrik administratif yang aktif dan menarik. Masing-masing distrik memiliki karakteristik dan gejolak kehidupannya sendiri. Beberapa ada yang sudah terkenal seperti Mitte distrik ini terletak ditengah kota yang merupakan boulevardnya. Prenzlauer Berg merupakan bagian dari distrik Pankow dan merupakan rumah bagi para start-up atau profesional muda. Mauerpark (flea market), Konser-konser terbuka biasanya selama musim panas digelar di distrik ini.

Lichtenberg distrik yang terkenal dengan julukan Berlin’s Asiantown in the East. Banyaknya toko-toko, budaya Asia yang menjamur di distrik ini. Charlottenburg-Wilmersdorf merupakan distrik Elit tempat kelas menengah keatas. Tempat perbelanjaan elite Kurfurstendamm ada disini. Selain Universitas, Stadion olympiade, gedung Opera terdapat juga Masjid di distrik ini. Friedrichshain-Kreuzberg distrik ini adalah yang paling keren di ibu kota. Selain pusat perbelanjaan favorit turis, NIkolaiviertel, Gendarmenmarkt, Potsdamer Platz juga di distrik ini. Distrik-distrik ini menjadi list utama atraksi populer yang wajib dikunjungi saat traveling di kota Jerman Timur ini. Bukan berarti distrik yang lain kurang menarik dan tidak layak dikunjungi ya Guys.

perembuan baju hitam dengan latar belakang katedral berlin
Berliner Dom

Berlin Cathedral yang megah dan Gereja Memorial Kaiser Wilhelm yang agung. Pemandangan kota yang indah dari menara Fernsehturm setinggi 368 meter. Melihat langsung sisa Tembok Berlin yang bersejarah. Merasakan sensasional mistis di 2711 peti mati di Holocaust memorial. Jalan-jalan ke Tierpark yang merupakan kebun binatang terbesar di Eropa. Jika di Bali kita punya taman Bedugul dan di sini ada Tiergarten Park yang populer. Masih banyak atraksi menarik dan terbaik di kota ini yang layak untuk dikunjungi. Gedung Reichstag, Istana Charlottenburg, Postdamer Platz, dan Gerbang Brandenburg yang ikonik. Atau sekedar berbelanja di Second Market place.  

para turis dengan latar gerbang brandenburg di summer
Gerbang Brandenburg
monumen holocaust di berlin
Monumen Holocaust

baca 10 tempat wisata populer dan gratis di Berlin.

perempuan dengan latar belakang gedung reichtag
Gedung Reichstag
Sisa-sisa tembok sejarah di Postdamer Platz
fernsehturm tower di mitte
Fernsehturm

Kota stratup ini merupakan kota yang tepat untuk tujuan liburan bagi yang pertama kali trip ke Eropa atau bagi kawula muda. Karena atmosfernya yang tidak jauh beda dengan di Indonesia orangnya yang ramah dan santai. (at least menurut pendapatku). Kota ini memiliki beberapa museum dan galeri terbaik di Eropa, tiga gedung opera dan teater terbesar di dunia. Selain universitas terkenal juga banyak entrepreneur muda lahir dikota ini.

Jadi saat kalian melakukan trip ke Eropa jangan lupa untuk singgah berlibur ke kota yang menarik ini ya.

Waktu terbaik trip ke Berlin sepanjang tahun?

Memutuskan waktu terbaik untuk jalan jalan di Eropa, sangat tergantung pada apa yang kalian cari serta tentang apa preferensi dan tujuan dalam liburan kalian. Berlin memiliki empat musim yang berbeda seperti musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Setiap musim dapat mempengaruhi kondisi kota serta destinasinya, baik pemandangan dan suasananya. Pada umumnya musim semi dan musim gugur adalah waktu terbaik untuk traveling ke Eropa khususnya ke kota asal klub Hertha BSC ini.

Rentang Low season, harga yang murah dan masuk akal adalah salah satu alasannya. Selain itu biasanya hanya ada sedikit orang atau turis dan cuacanya juga cukup menyenangkan selama musim-musim ini. Setiap traveler memiliki preferensi sendiri untuk menemukan waktu terbaik untuk berlibur. Namun, di setiap musim, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum kalian memutuskan untuk memesan penerbangan ke ibu kota Jerman Timur ini. Check kedua web aplikasi favorit aku  Momondo dan Skyscanner untuk mendapatkan penawaran penerbangan dengan harga terbaik sangat mudah dan tanpa stres.

Wisata di Musim Panas

Berlin di musim panas (summer), suhu lumayan hangat dengan rata-rata tertinggi 22ÔÇô25 ┬░C dan terendah 12ÔÇô14 ┬░C. Biasanya pada musim ini orang-orang menikmati suasana pantai, baik berenang berjemur atau melakukan olahraga air lainnya.

pria muda berbaju hitam dan topi di area konser musik musim panas
Konser musik musim panas

Musim ini ada pada bulan Juni sampai dengan September setiap tahunnya juga merupakan musim holiday dan high season. Akan banyak turis mancanegara berdatangan. Tur di kota ini akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan di musim ini walaupun matahari bersinar lebih terik dari biasanya. Tentunya tidak sepanas di Jakarta ya guys. Musim ini adalah musim yang dinantikan, siang akan terasa lebih lama yaitu lebih dari 12 jam.

sungai spree dengan latar belakang gedung-gedung di berlin
Berjemur di tepi sungai Spree
 pl├Âtzensee - salah satu danau di berlin
Pl├Âtzensee
para berliners piknik di taman saat sumer
464Berjemur di taman Mauerpark

Musim Dingin di Berlin

Di musim dingin (winter), suhu rata-rata tertinggi di kota ini 3 ┬░C dan terendah mencapai Ôłĺ2 hingga 0 ┬░C. Musim dingin  terjadi pada akhir bulan November dan berakhir sekitar bulan Februari. Namun di belahan bumi selatan, musim dingin terjadi di bulan Juni sampai bulan September.

Dan biasanya di musim dingin (winter) ini  seluruh kota akan tampak putih karena tertutup oleh salju tipis yang turun pada umumnya bulan Desember sampai Maret. 

berliner bergaya dengan latar tembok berlin
Style pakaian musim dingin

Di musim ini kalian akan melihat pemandangan danau yang membeku seluruhnya dan salju yang menyelimuti seluruh atap bangunan, pohon dan jalanan. Semua kafe, bar, museum, galeri serta teater berubah menjadi bagian dari musim dingin yang menakjubkan pada malam hari karena lampu kuning temaram menyala dimana-mana.

Atraksi menarik lainnya  adalah, kita bisa bermain salju, bermain ice skating atau bisa juga bermain ski.

Musim Gugur

Musim gugur (autum) terjadi pada bulan September sampai dengan akhir bulan November tiap tahunnya.

Musim gugur di Benua Eropa adalah jenis musim peralihan dari musim panas ke musim dingin. Perubahan warna daun menjadi merah dan kuning serta bergugurannya daun-daun dari pohonnya.

Aktifitas tur yang biasa dilakukan di musim gugur adalah panen buah-buahan, atau berjalan-jalan sambil berfoto dengan keluarga tercinta. 

Beberapa tempat terbaik untuk melihat dan merasakan keindahan musim gugur adalah di Grunewald Forest, Teufelsberg dan Berlin Botanical Garden.

Selain itu, biasanya digelar festival musim gugur yang akan membuat pengalaman berlibur kalian tetap indah dan mengesankan. Berlin Lichterfest di bulan September dan Festival of Lights di bulan Oktober. 

Trip Musim Semi

Musim semi (spring) biasanya terjadi di pertengahan atau akhir bulan Maret. Siapa yang tidak suka musim semi. Banyak orang yang melakukan berbagai kegiatan sampai merencanakan trip karena cuacanya sangat bersahabat. Musim semi atau spring disebut sebagai musim yang sangat nyaman, karena hawanya yang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas.

Merupakan musim peralihan dari musim dingin untuk kembali ke musim panas. Ditandai dengan mekarnya berbagai jenis bunga dengan beragam warna merah, pink, putih, ungu yang sangat indah.

Di musim semi dan gugur pada umumnya suhu lumayan dingin dan berangin. Karena sama sama bulan peralihan musim.  Jadi meskipun kalian menikmati udaranya yang sejuk tetap gunakan pakaian hangat ya Guys.   

Dan bagi kalian yang ingin traveling di pertengahan musim semi sampai akhir musim panas, siapkan dana lebih ya. Mengapa? karena di Berlin dan di Eropa pada umumnya merupakan high season yang akan banyak di gelar festival dan juga event-event musiman. Tiket pesawat dan harga hotel tentunya akan sedikit lebih mahal. Jadi jangan lupa untuk booking atau pesan tiket dan hotel jauh-jauh hari ya guys.

Oh ya ngomongin tentang empat musim yang berbeda sekalian aku share info tentang curah hujan dan anginnya. Curah hujan dan angin di kota ini tidak terlalu tinggi lain halnya kota Kopenhagen

So guys, musim apa yang kalian suka? reply di kolom komentar ya ­čśë

Bulan terbaik trip ke FRG?

Menurutku semua bulan baik untuk berlibur di Federal Republik of Germany ini. Karena setiap musim punya daya tarik tersendiri.Tergantung bagaimana kita dapat menikmatinya.

Kalian bisa menikmati atraksi menarik di kota yang penuh pesona ini sepanjang tahun. Bulan terbaik trip ke kota high tech ini adalah di antara bulan Mei sampai dengan September, yakni memasuki musim panas. Pada musim ini, matahari tenggelam sekitar jam 10 malam, itu juga masih belum terlalu gelap. Masih pada kondisi blue hour, dan berlangsung selama beberapa jam. Makanya, jalan-jalan saat musim panas itu puas banget. Sehari terasa panjang sekali pokoknya.

Kalian bisa menikmati segala atraksi menarik di Berlin tanpa harus khawatir cuaca yang dingin. Selain cuacanya cerah sangat ideal untuk jalan- jalan santai di taman kota, duduk-duduk di kafe sambil menikmati ice cream, atau berkeliling kota dan mengunjungi tempat  unik dan menarik lainnya.

Mengunjungi Berlin saat winter atau musim dingin, apakah ide yang bagus?

Tur ke kota empat musim ini disaat winter akan sedikit lebih menantang, kita harus siap fisik dan mental. Karena kita berasal dari negara yang berbeda iklim yaitu Tropis. Dinginnya cuaca di musim hujan di Indonesia tidak seberapa dibandingkan dinginnya cuaca musim dingin di sini.

Dan biasanya salju turun di musim ini dengan curah hujan yang terjadi di sepanjang tahun . Jadi kalo kalian merencanakan travel ke kota ini di musim dingin, siapkan fisik dan perlengkapan kalian ya guy.

baca artikel: Outfit keren dan stylish saat winter

Pemandangan kota yang temaram karena kabut udara yang dingin atau bahkan putih karena tertutup salju. Kemungkinan besar hal yang kalian akan temukan atau nikmati hampir di seluruh jalanan ibu kota. Dan hal yang kalian inginkan adalah duduk nyaman di dalam ruangan yang hangat sambil menikmati secangkir minuman panas.

Saat hari gelap seluruh inu kota akan tampak sedikit indah dan berwarna dengan lampu kuning temaram di sepanjang jalanan kota. Banyak cafe, restaurant atau kios  yang buka menawarkan secangkir kopi atau coklat panas beserta kudapannya.

Faktanya, sungguh menarik mengunjungi kota-kota di Eropa pada musim ini terutama di kota negeri beruang ini. Disamping aku ingin sekali merasakan dan melihat secara langsung salju (walaupun tidak kesampaian­čśŐ). Bagiku yang berasal dari negara dua musim, melihat pemandangan pepohonan gundul dan hamparan daun mapel menjadi ketertarikan tersendiri. Langit abu-abu sepanjang hari. Siang hari yang yang pendek. Dan tentu saja hembusan angin yang sangat dingin yang mengharuskanku memakai baju berlapis lengkap dengan sarung tangan dan topi.

Outfit untuk musim dingin?

Kalian pasti  ingin, dong, tetap terlihat gaya saat travel di kota yang nyentrik, Eropa ini. So kalian harus pintar memilih dan memilah pakaian apa yang harus dibawa. Sehingga, momen traveling kalian tetap stylish tapi praktis.

  • Celana panjang
  • Baju lengan panjang atau sweater
  • Jaket atau Coat
  • Sepatu boat atau sepatu tebal
  • Topi kupluk atau Beanie
  • Pelindung telinga atau Earmuff
  • Sarung tangan
  • Kaos kaki
  • Dan Syal tebal

9 hal pokok diatas yang wajib kalian bawa saat berlibur di musim dingin. Untuk model tergantung kalian ya guys. Saat ini ada banyak produk yang stylish yang bisa kalian pilih lho. Membawa payung mungkin ide yang tepat, pokoknya gunakan pakaian hangat berlapis  mungkin juga membawa sepatu ekstra in case of rain.

Itinerary 3 hari trip di kota budaya

Punya kesempatan short trip ke Berlin dan bingung mau kemana aja?

Yang pasti perjalanan keliling ibu kota tidak cukup waktu sehari atau 2 hari untuk mengexplore seluruh keindahan alam dan seni budaya yang dimiliki kota ini. Asal kalian tahu, bahwa kota Berlin 9 kali lebih besar dari kota Paris, Prancis lho.

Tapi jangan khawatir, disini aku berbagi pengalaman jalan-jalan singkat di kota tua yang penuh pesona ini. Biarpun singkat tapi dijamin kalian puas dan bisa menikmati hampir semua tempat -tempat terkenalnya.

  • H1-Pagi: Alexanderplatz & Nikolaiviertel. …
  • Siang: Gendarmenmarkt, Holocaust Memorial and Brandenburg gate. .
  • Malam: Enjoy the nightlife around Hackescher Markt. …
  • H2-Pagi: Charlottenburg Palace. …
  • Siang: Ku’damm & Zoo. …
  • Malam: Enjoy the nightlife of the City West. …
  • H3-Pagi: Along the river Spree to the East Side Gallery.

Wisata kuliner di ibu kota Federal Jerman?

Saat liburan atau tamasya di suatu destinasi tanpa menikmati kulinernya, ah rasanya nggk lengkap banget. Berlin memiliki kuliner yang sangat bervariasi, mulai dari aneka sup hingga olahan daging yang lezat. Dan yang paling umum atau terkenal adalah Currywurst daging olahan dalam bentuk sosis yang di goreng atau di panggang dengan bumbu kari. D├Âner Kebab memang merupakan makanan khas Timur Tengah tapi di sini kalian bisa menjumpai kios atau restonya disetiap sudut kota. Sp├Ątzle, Bratwurst, Lebkuchen.

Senfei merupakan salah satu makanan tradisional untuk penggemar telur dan Kartoffelpuffer adalah makanan yang ramah untuk para vegetarian.

Itulah beberapa makanan khas Jerman yang bisa kalian nikmati saat trip di ibu kotanya ini. Untuk makan kalian cukup membayar seharga ÔéČ 10 (tidak termasuk minuman) dengan porsi cukup besar.

Kehidupan malam kota super atraktif, di Jerman

Saat kalian melakukan trip ke kota Mainstream ini jangan lewatkan untuk melakukan ÔÇťtur malamÔÇŁ ya guys (cocok untuk dewasa).

Layaknya kota-kota besar dunia lainnya, yang selalu menawarkan kesenangan kehidupan malam dan hiburan. Kota ini tak pernah “tidur“, beberapa sudut kota ini selalu hidup selama 24 jam. Dan untuk sebagian orang, mengunjungi kota ini seperti menikmati surganya kesenangan dunia yang mungkin tidak bisa didapatkan di daerah atau negara asal.

Sama halnya kehidupan malam di Bali. Kota ini memiliki kehidupan malam yang cukup intens. Disorientasi, mengejutkan sedikit brutal dan aneh tapi menyenangkan. Kota ini mungkin adalah kota clubbing terbaik di Eropa. Budaya clubber telah menjadi gaya hidup dan musik adalah agama bagi mereka.Tidak megerankan mendapat julukan “kota paling bebas Fetish di dunia”

Berghain & Panorama Bar (The Church of Techno) dan Kitkat adalah salah satu klub malam atau diskotik yang populer dan funky. Di pusat kota terdapat kurang lebih 200 nightlife seperti klub, pub, restoran, keipe (istilah dalam bahasa Jerman  untuk menyebut bar yang tidak melayani makanan panas).

Kehidupan malam disini tidak hanya klub dan bar, tetapi juga teater, cabaret dan opera. Lokasi atau distrik yang populer dengan nightlifenya adalah Prenzlauer Berg, Mitte dan Friedrichshain-Kreuzberg.

Mungkin bagi sebagian pelancong hanya ingin sekadar mengambil gambar kenang-kenangan untuk diunggah di media sosial. Dan bagi sebagian yang lain, menikmati “kuliner malam” di kota Berlin juga menjadi daya tarik tersendiri yang mungkin jarang atau bahkan tidak ada di Indonesia­čžÉ..

Menemukan akomodasi yang tepat

Akomodasi adalah salah satu faktor penting yang harus dipikirkan dan diputuskan sebelum atau saat berlibur Baik itu sekedar liburan akhir pekan,  trip sehari, bahkan tur sebulan penuh. Dan menemukan akomodasi yang tepat adalah pe-er yang perlu perencanaan matang. Tapi di Berlin kalian tidak perlu bingung dimana harus menginap. Karena berbagai jenis akomodasi yang ada memiliki variasi standar harga dari yang murah sampai yang bintang tujuh ops bintang lima. Bicara tentang standar biaya hidup dikota ini sangat terjangkau. Seperti aku tulis di awal artikel bahwa kota ini masih merupakan ibu kota di Eropa yang murah sebagai destinasi wisata dunia. Saat ini banyak agen perjalanan atau platform online seperti booking.com, agoda.com, airbnb.com, dan lainnya yang bisa membantu kalian menemukan akomodasi yang tepat sesuai dengan tujuan dan budget kalian. 

Dan ini sedikit bocoran atau “tips” yang mungkin membantu kalian menentukan hotel atau penginapan yang sesuai dengan distrik- distrik populer saat wisata di Berlin. Mitte (Travel on first time), Friedrichshain (Travel on budget), Kreuzberg (Travel for Nightlife), Prenzlauer Berg (Travel for coolest).

Bagaimana transportasi di Berlin?

Terintegrasi

Selain akomodasi, transportasi juga merupakan faktor penting untuk dipikirkan saat merencanakan liburan dan trip ke suatu negara atau tempat. Tapi jangan keburu panik karena di kota startup ini memiliki sistem transportasi yang terintegrasi cukup baik dan mudah. Kota ini memiliki stasiun kereta terbesar di Eropa lho

Beragam

Banyak pilihan transportasi sesuai kebutuhan dan keinginan. Dari taksi mobil, taksi sepeda, bus dengan berbagai jenis, juga kereta dan trem. 

Berkeliling kota naik bus M100 dan M200 adalah cara yang paling mudah dan murah. Bus tersebut melayani rute Alexanderplatz hingga Bahnhof Zoo dan melewati banyak tempat-tempat populer yang paling banyak diminati oleh para turis.

Bus M100 melewati atraksi turis seperti Television Tower (Fernsehturm), Museum Island, Brandenburger Tor, sisi utara Tiergarten Park, Reichstag, Bellevue Palace, dan Siegess├Ąule. Sedangkan bus M200 melalui sisi selatan Tiergarten Park dan Potsdamer Platz.


So Guys tunggu apalagi masukin kota Berlin di bucket list destinasi liburan kalian sekarang.­čĹî­čśÄ

1 komentar untuk “Wisata ke Berlin 2020”

  1. Ping-kembali: Wisata ke Kota Kopenhagen | Panduan Trip Terlengkap 2020 - swandria

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *